S2 atau langsung kerja ya ??


Jadi inget beberapa hari yang lalu teman saya, Cempaka, anak FIB tapi anak asrama juga, menodong saya dengan pertanyaan,

“Pak Big –saya memang minta dipanggil dengan imbuhan ‘Pak’ di FORKAT- , abis lulus dari Fasilkom mau kemana ??”

DEG !! Pertanyaan singkat namun ngetes banget apakah saya tipikal orang dengan perencanaan yang matang apa nggak.

Ada yang mau nebak saya jawab apa ? –ge er banget yak ?!? emang blog ini ada yang baca ?-

Idealnya sekali lagi kita memang harus pintar-pintar mengatur hidup kita dengan benar. Karena pada hakekatnya seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya kita hanya bisa berusaha. Yak, sekali kita hanya bisa berUSAHA, dan Allah lah yang menentukan karena Dia telah merancang skenario yang terbaik bagi kita.

Kira-kira ada yang penasaran gak ya dengan jawaban saya ?

NIKAH ?!? Pengen sih…bahkan pengen banget jawab itu, sayang waktu itu gak kepikiran. (Ntar deh kapan-kapan saya nulis tentang pernikahan…=P)

Yak, saya menjawabnya dengan sebuah kisah saya dan guru bimbingan belajar saya di Surabaya. Saya gak mau nyebut judulnya ya, tapi inisialnya NF.(duengg…ketauan yak?!?)

“Pak, menurut Bapak enaknya kita ini lulus S1 itu ngalanjutin ke S2 atau kerja angsung ya Pak ? Kan kita masih punya tanggung jawab bahagiain orang tua, naekin haji orang tua, nabung buat kawin…”

Lalu guru saya menjawab,

“Kamu tanya sama saya Big ?”

Dalam hati gw, “Yaelah…Bapak nih, emang saya ngomong ma sapa ?”

Sebelum saya menjawab yang aneh-aneh, si Bapak langsung nimpalin lagi dengan penuh penekanan,

“Kalau bagi saya ngelanjutin S2 lalu S3 adalah harga mati Big !!!”

“Busyeeet dah!”, kata saya dalam hati. “Tapi pak, terus nasib….”

Lagi-lagi belum selesai saya mingkem, si Bapak da nimpalin lagi,

“Suatu hari Nabi Sulaiman ditanyai oleh Allah, nih nabi Big tingkatannya..”

“ ’Wahai Sulaiman, apa yang kau minta antara wanita cantik, harta benda dan kekayaan, ataukah ilmu ?’ Lalu apa kata Sulaiman, ‘Aku hanya minta ilmu darimu ya Allah!’ ”

“Lalu apa yang terjadi, tak lama kemudian Sulaiman mendapatkan wanita cantik itu sebagai istrinya yakni Ratu Bilqis dan harta kekayaan yang luarbiasa banyak.”

“Hmm…uda tau jawabannya ?”

Subhanallah ! Kisah singkat dari guru saya yang cukup familiar saya pikir, namun cukup menguatkan niatan saya untuk melanjutkan tugas mulia menuntut ilmu ini.

Saya pikir, bukan cuma kodingan dan kodingan yang kita pelajari, ilmu bersosialisasi dengan orang, ilmu berorganisasi, ilmuberwirausaha…

Ternyata saya masih bodoh banget yak…

Jadi inget ma orang-orang yang telah memberikan contoh yang baik. Orang-orang yang telah merancang hidupnya dengan sangat baik sekali.

Mas Candra 2005 dan Mas Afif 2005 yang sudah bisa ngemil mendoan di Jeddah.

Mbak Puspa, Mbak Leni yang juga sudah bisa jaipongan di Malaysia sana.

Mbak Meri yang mau nyusul juga ke Ohio University, kayaknya sekarang lagi sibuk kulakan(red:semacam membeli dalam jumlah besar) rendang, denger-denger rendang lagi nge-hits di Amrik. =P

Mau bodoh terus ? Gak dong ! Yuuukk..belajar meniti jalan kehidupan ini lebih baik lagi ! 🙂

16 thoughts on “S2 atau langsung kerja ya ??

  1. Hahahaaaa kocak bgt sih gaya nulisnya k’bigza ini.. Apalagi kalo gaya ngomongnya yg khas (cepet tanpa titik dan tanpa napas), hehe..

    Stuju bgt tuh, nyari ilmu emg ga ada matinye, hohoo..

    Btw, sy pnh dgr ttg ritual ktua angkatan ganjil (03, 05, …) di fasilkom yg nikah sblm lulus. Apakah ka’bigza akan melanjutkan ritual tsb?😛

  2. Hahahaaaa kocak bgt sih gaya nulisnya k’bigza ini.. Apalagi kalo gaya ngomongnya yg khas (cepet tanpa titik dan tanpa napas), hehe..

    Stuju bgt tuh, nyari ilmu emg ga ada matinye, hohoo..

    Btw, sy pnh dgr ttg ritual ktua angkatan ganjil (03, 05, …) di fasilkom yg nikah sblm lulus. Apakah ka’bigza akan melanjutkan ritual tsb? 😛

  3. weleh2..

    alhamdulillah ternyata nih blog ada yang baca !
    Gak cukup sekali lagi komen nya🙂

    lho kamu tau juga tentang ‘kutukan’ itu ??

    kak rusdi 2001, kak yudi 2003, kak anto 2005 emang bikin ngiri… :-9

  4. hehee.. itu gak sengaja kak kepencet 2 x. Apus aja yg 1..😛

    iyaaa tau doong, dulu ada senior yg pernah nyeritain itu ke saya, hehee..

    toenggg…. bikin ngiri?? brati emg akan segera menyusul nih ka’ bigza, hahahahahaha… piiiis ka’ ^_^ V

    btw, ijin nge-link blog kakak di blog sy boleh ya..?

  5. maaf2, saya lupa kalau saya punya blog jadi lupa gak dibuka.

    sip dah ! saya link blog kamu juga yak !n_n!

  6. cie2 blog baru…

    mmm…pantesan waktu itu ngetes sikil inglis (baca: kemampuan b inggris), tapi malah maen tebak2an, trus typeracer he.he.he

  7. @ adenia, mishbah, jay :
    Maaf ya saudara2 sekalian sebangsa dan setanah air, insya Allah semua udah di link…hehe..Maap telat !🙂

    @ fahri :
    Yo’i dong ri, masak ente doang yang gaul..
    Ane uda link tuh, link balik juga yak !🙂

  8. Tergantung tujuan hidup elo big, kalau emang buat jadi peneliti cocoknya S2 tapi kalau mau jadi pebisnis enakan kerja.

    @ade
    Yg nikah sblm lu2s itu anto 05 yang lainnya setelah lu2s.

  9. @ bang toni :
    Sepakat bang !
    Tapi kali ini ane pro ma para pejuang ilmu..hehe🙂

    Biarpun cuma mas anto yang uda nikah pas kuliah,
    tetep aja masih ada beban mental bang..haha😀

  10. Yakin dong Big, kalo blog ini ada yg baca…. optimis!

    Jadi Big, kamu milih S2? Amin, semoga berhasil. Hohoho…. sama Big, aku juga pengennya langsung S2 nih… moga kita berdua sukses… Amin! ^^

  11. Ayo Smangat! engkau tak sendiri..
    saya juga sedang menekuni hal yang sama.. ^_^

    syukur kalo bisa sambil kerja.. multitasking 😀
    btw,, salam kenal via dunia maya..
    qta pererat ukhuwah dgn tukeran link yuk ^_^v

Leave a Reply

