Tips Belajar Para Aktivis !


Akhir-akhir ini saya sedang kasmaran. Yak, saya sedang jatuh cinta –mungkin lebih tepatnya terpaksa jatuh cinta- kepada kuliah ! Badai UTS sedang menghadang para Fasilkom-ers, ya, saya memahami perasaan kalian kawan..

Sebenarnya terkadang saya masih merasa ragu untuk belajar Aljabar Linier, Basis Data, dan makhluk-makhluk lainnya itu karena ada pendapat yang mengatakan kuliah-kuliah tersebut HARAM ! Tau gak dalil nya apa ?

‘..sesungguhnya semua yang memabukkan itu haram..’

(tafsir gaya bebas, DILARANG KERAS untuk mengutip!)🙂

Btw, saya ingin membagi tips belajar yang pernah saya dapatkan dulu dari seorang aktivis yang sudah saya ubek-ubek tentunya. Walaupun saya bukan aktivis, tapi lumayan membantu juga menyiasati jadwal belajar ditengah kesibukan syuting dan pemotretan saya..🙂

1. Belajar di sepertiga malam dan sepertiga pagi

Nih paling pas buat para aktivis yang suka jadi pengacara(baca:pengangguran banyak acara) yang sering keliaran waktu sore dan malam. Solusinya belajar sebelum subuh dan setelah subuh, sekitar jam 3 sampai jam setengah 7.

Ngantuk! jadi malah gak bisa belajar,begitu rata-rata kata orang. Tapi justru dari teori yang pernah saya dengar-dikoreksi ya kalau salah-, tingkat kesadaran kita dibagi menjadi beberapa bagian. Pertama fase beta kalau tidak salah, itu fase orang sadar dari yang paling sadar, bila anda sedang membaca tulisan ini berarti anda sedang dalam fase ini. Selanjutnya fase alfa, fase orang agak setengah sadar, kira-kira semacam orang baru bangun tidur, dan sebagainya. Nah, dalam penelitian ternyata fase alfa itu paling baik dalam belajar, karena otak kanan kita yang suka nganeh yang sering kali mendominasi melebihi otak kiri masih belum tune-in, maka bakal lebih cepet ngerti soalnya otak kiri kita bisa lebih konsen gitu katanya. Apalagi saat-saat sepagi itu menikmati hangatnya sinar rembulan ditemani oleh slide dan diktat tercinta. (nah lo?!).

Supaya ‘panas’-an alias gak ngatuk-ngantuk banget, untuk yang muslim bisa sholat malam dulu plus tilawah(baca Al-Qur’an). Yang tidak atau sedang berhalangan bisa jogged-joged dulu lah.🙂

2. Belajar dikit-dikit

Ini bukannya menganut faham sekuler, ‘sedikit belajar sedikit lupa, banyak belajar banyak lupa’, tidak sama sekali !🙂

Bagi para aktivis yang sangat padat waktunya, bisa memanfaatkan waktu senggang mereka untuk membaca materi nya. Baca sedikit saja, satu halaman atau satu paragraf juga lumayan, tapi baca sampai ngerti. Cukup 10-15 menit saja. Lumayan kan nyicil dikit-dikit ? Efektif banget lho kalau dipraktekkan.

3. Berkumpullah dengan orang pinter !

Kalau dalam lagu obat hati-nya Opick kita disuruh berkumpul dengan orang soleh, maka mari kita berkumpul dengan orang pinter! Eit, bukan dukun lho ya !🙂

Alhamdulillah saya selalu dikelilingi orang-orang hebat dan lebih prestatif dari saya, termasuk dalam hal akademis. Ada Topan si raja kodingan, Hafidh si master dalam urusan ngitung, Fajar yang hafalannya luar biasa, Jay si cerdas plus catetannya yang memuat semua kalimat yang pernah terlontar dari dosen, Alvis, Wahyu, semua orang anak Fasilkom emang dahsyat! Serius, ini sangat membantu !

4. Lakukan apa yang biasa mahasiswa lain lakukan

Ya, sesibuk apapun seharusnya masih disempatkanlah untuk membaca setiap diktat, membuat mind map nya, tanya dengan yang sudah baca, dan yang menjadi favorit saya, lari ke Senyum(baca:tempat fotokopian di Fasilkom), dan bila beruntung maka akan mendapatkan paket eksklusif seperangkat soal UTS tahun lalu yang tentunya harus dibayar TUNAI !🙂

5. Do’a dong !

Ini memang sudah biasa namun tetap paling utama. Dan dalam agama saya disebutkan dalam salah satu firman-Nya :

“Wattaqu’llah wa yu’allimukumu’llah” (..dan bertaqwalah kamu kepada ALLAH dan nanti ALLAH akan ajarkan kamu/QS. 2:282)

Apalagi kalau dipraktekkan pas di sepertiga malam sebelum belajar, mantab pisan lah !

Tips diatas memang bukan hal yang baru namun semoga dapat memompa kembali semangat belajar kita. Lebih enak lagi kalau setiap kuliah kita memperhatikan Bapak/Ibu dosen dengan seksama niscaya bakal lebih mantab lagi ! Demi IP yang lebih baik, mengapa tidak ?🙂

Ya, walaupun IP bukan segalanya, tapi punya IP bagus gak jelek-jelek amat kan ?

Jadi inget kata seorang teman, Dwiki, anak Teknik, pinter gak pinter itu tidak masalah, masing-masing insya Allah bisa sukses kok, namun yang pasti orang pinter punya lebih banyak pilihan. Logikanya, waktu kita SPMB, UMB, SNMPTN, SIMAK atau apapun itu namanya, bila kita punya nilai yang baik tentu kita lebih punya banyak pilihan kan, masuk FK bisa, STEI juga bisa, mau masuk STAN bahkan melanjutkan ke luar bagi orang pinter bukan hal yang masalah. Sayangnya orang yang kurang rajin tidak akan punya pilihan sebanyak itu.

Ya, itu doang kok bedanya. Tapi lumayan kan bisa punya banyak pilihan, lebih punya banyak pilihan untuk menentukan masa depan bahkan mungkin sampai lebih punya banyak pilihan untuk meminang sang belahan hati ? –kira-kira ada wanita yang punya syarat IP buat dambaan hatinya gak ya?haha..iseng!-

Yak, IP tinggi ?!? Siapa takut !😀

22 thoughts on “Tips Belajar Para Aktivis !

  1. kalo saya mah, minta diceritain orang yang bisa
    saya dapet ilmunya hanya dengan mendengarkan
    tapi ga lupa saya tulis loh!

  2. waduuuuuh bbrp hari belakangan emg parah bgt ni, sy jd kekurangan wkt tidur demi uts tercinta hahahaaa:mrgreen:

    Selanjutnya fase alfa, fase orang agak setengah sadar, kira-kira semacam orang baru bangun tidur, dan sebagainya. Nah, dalam penelitian ternyata fase alfa itu paling baik dalam belajar, karena otak kanan kita suka nganeh yang sering kali mendominasi melebihi otak kiri masih belum tune-in, maka bakal lebih cepet ngerti.
    hmmm, sy masih bingung kak tentang fase alfa di atas, jd apa hubungannya sama “bakal lebih cepet ngerti”?🙄❓ maaf ya kak, sy lg lemot ni mikirnya hehee..

    –kira-kira ada wanita yang punya syarat IP buat dambaan hatinya gak ya?haha..iseng!-
    wkwkwkwk dasar nih si k’bigz suka nanya yg aneh2😆

  3. wah2,,,matur nuwun sanget nggih mas…
    ekhe lg butuh tips kayak gini..
    hohoho..jd smangat lg nih..
    Smangat
    duamangat
    tigamangat..
    hehehe =p

  4. @ deady :
    matur nuwun dead !
    silahkan2 bagi temen2 yang punya cara belajar lain yang lebih sakti, bisa di share juga..Kalau bisa bermanfaat buat orang lain kan lumayan nambah account pahala ? Tul gak ?!🙂

    @ ade :
    gak tau juga sih ya, tapi refers to pengalaman saya emang lebih cepet connect.
    Pernah ngalamin gak kalau lagi belajar, tiba2 ngelamun mikirin apa, atau pengen nyanyi2 aja bawaannya, atau tangannya gak bisa diem pengennya corat coret terus, nah tu dalangnya si otak kanan yang emang ahli begituan.
    Bagus emang, tapi dalam belajar terkadang agak mengganggu konsentrasi otak kiri yang lagi berjuang mencerna..
    Nah, kalau lagi di fase alfa, si otak kanannya belum ‘melek’ bener, plus suasana yang sepi, enak banget buat ‘pacaran’ ma buku..😀

    Tetep jaga kesehatan !🙂

    @ wawan :
    alhamdulillah kalau bisa memotivasi..
    padahal tak kirain ni postingan jayus banget..hehe🙂

  5. Wah… ada gak tips motivasi orang yang malas baca? ahahahaha…
    Untung aku bukan aktivis2 banget..

  6. makasiii bgt ka big,.. mangstab nich^^

    oia, sedikit share pengalaman juga yah.. buat beberapa minggu ke belakang saya emang sering belajar pagi, terutama abis subuh.. itu tuh rasanya konek banget. mau ngoding, mau ngitung, mau ngafal.. lancar deh.. sayangnya harus kepotong sama buru2 mandi biar ga telat kuliah…sampe kika berpikir kaya gini.. “kenapa kuliah itu ga sore ajah sampe malem.. biar paginya bisa belajar..” ahahaha.. agak konyol emang.. tapi itulah yang kika rasakan..
    dulu waktu sma, bulan2 menjelang UN ituh kika suka bangun jam 2-an buat ngerja2in soal..
    tapi selama kuliah udah ga bisa lagi.. susyeee amat.. karena udah ga biasa.. padahal jam 3 loh (lah.. lebih lambat dari pas sma).

    oouuufh.. mudah2an tips ka big bermanfaat deh buat kika praktekin.. makasii bgt yah ka big..

    subhanallah banget deh…

  7. @ rizky :
    Seorang Rizky Susanti males baca ?!?
    Gak salah nih ?:mrgreen:

    Pake ngaku2 bukan aktivis lagi..

    @ kika :
    bener kan ?
    emang belajar pagi2 itu (kalo uda diniatin) manteb bener !
    makasih ya ka buat tips2nya juga..😀

    Nyok sama2 berjuang demi fasilkom yang lebih baik ! (lho?!)🙂

  8. mangstab tipsnya!
    Yang jelas sebagai aktivis, inget aja untaian kalimat dahsyat di QS Muhammad 7. Intansurulloha yansurkum wayutsabbit aqdaamakum..

  9. “Ada Topan si raja kodingan, Hafidh si master dalam urusan ngitung, Fajar yang hafalannya luar biasa”

    Ente ngimpi kali, sejak kapan ane jago ngapal?

    Dasar guru les!
    ~gapapa banget

  10. @ aryu :
    sepakat !😀

    @ zana :
    yeee..28, ppkb, titisannya maya, si eka nih merendah mulu, ntar nyungsep lho !🙂

    @ asop :
    award apaan sop ?!

    @ kiikaa :
    wah, alhamdulillah..ternyata ada yang bisa diambil dari blog ini..
    sip dah, silahkan2 !😀

  11. ka big.. lupaa…

    kmrin kika kutip dikit buat artikel di lem taqwa.. hhii
    duh ka bener2 lupa minta ijin.. beneran deh kemarin uda niat bangeet😦
    mav yah ka… makasiii =)

  12. @ kika :
    nyante aja kali ka..
    orang uda bilang kan ?

    tapi sempet kaget juga ngopas-nya agak dahsyat juga (baca:lumayan banyak)
    ..tapi gak masalah kok klo emang bisa bermanfaat..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s