Surabaya Kota Pahlawan yang Gak Pernah Adem*


Selasa tanggal 7 Juli kemarin saya pulang ke Surabaya. Sebenarnya tidak berminat pulang namun karena tugas mencontreng menunggu untuk ditunaikan, yap, mau gak mau harus go back ke Surabaya.

Surabaya kota pahlawan yang gak pernah adem (baca:dingin), kalau temen-temen bilang siang di Depok itu uda panas setengah mati, berarti belum pada pernah ke Surabaya. Ya, kalau saya boleh bilang jam 12 nya Depok itu masih sekitar jam 8-9 nya Surabaya. Gak mbayangin kan kalau sudah jam 12 ? Brrrr…

Ya, praktis saya sering di rumah dengan aktivitas gak jelas. Selain ke masjid tiap adzan sisa waktu saya sangat tentatif, beda banget dengan di Depok. Tapi saya bersyukur jadi bisa ngerasain lihat tipi dari lebih banyak. Saya lihat acara Inbox – nya SCTV, jadi ngerti lagunya anak jaman sekarang seperti apa. Agak kecewa ketika melihat ada grup band yang terdiri para musisi hebat dulunya menurut saya, ada Nugie, Pongky Jikustik, Baim Ada Band, dan Ario bergabung. “Kayak mantap nih lagunya” batin saya. Ya, begini-begini dulu sempat jadi pengamat musik juga.🙂

Rasa curious yang luar biasa menurun drastis ketika syair reff nya bunyinya,

“Papa gak pulang…beybeh..Papa gak bawa uang..beybeh..”.

What ?!! Ya,cukup sekian dan terimakasih. Weleh..weleh..

Tidak terlalu menghebohkan liburan saya kali ini, relatif tidak ada kerjaan berarti setelah mencotreng, namun ada yang cukup berkesan. Hari Kamis saya memutuskan untuk keluar rumah buat ikut liqo (baca:tempat ngaji) nya teman-teman seperjuangan SMA saya yang di OSIS. Saya merasa iri merasakan kehangatan liqo tersebut walaupun yang datang hanya dua orang plus saya anggota illegal jadi tiga, dengan mentor yang luar biasa bernama Mas Luqman, beliau berhasil membuat imajinasi kami ngalor ngidul dengan materi yang dibawakannya diakhir sesi ada semacam sesi curhat gaya bebas. Ya, ternyata disana jadi ajang curcol kami.

Teman saya yang pertama, namanya Rio, dulu mantan Wakil ketua II OSIS SMA Negeri 5 Surabaya. Ya, beliau menceritakan dengan sangat mantab kesibukan akhir-akhir ini menjadi koordinator penggerak dana Uswah Student Center, sebuah LSM yang membina mentoring untuk remaja-remaja SMP dan SMA, menceritakan setiap mentee(baca:binaan) nya dengan sangat antusias, sampai beliau sekarang yang sedang dicalonkan menjadi Ketua BEM di Fakultasnya. Subhanallah !

Satu lagi makhluk yang tidak kalah mantab bernama Dalu, beliau dulu mantan ketua OSIS saya di SMA Negeri 5 juga. Beliau tak kalah fenomenalnya, menjadi ketua angkatan di angkatannya. Amanah terbarunya menjadi Kahima atau Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro ITS. Kalau di Fasilkom setara dengan Ketua BEM Fasilkom kali. Beliau cerita bagaimana beliau mencoba menegakkan budaya disiplin disana dan mengkondisikan suasana yang lebih islami ditengah anak ITS yang suka ngerokok dan sangat moderat. Beliau juga cerita tentang pekerjaan terbarunya menjadi sebuah supervisor sebuah proyek. Terakhir beliau menceritakan tentang binaannya yang salah satunya sekarang sedang di training untuk mengikuti Olimpiade Astronomi tingkat Internasional ! Cihuy ! Dahsyat nya lagi, kata temen saya ini, binaannya tersebut lagi bingung ternyata sekarang dia lagi dilema karena ternyata beberapa hari yang lalu binaannya diumumkan juga lolos Olimpiade Fisika tingkat nasional ! Busseet…”Lha kok bisa dek dobel begitu ?” tanya temen saya. “Habis mas kemaren nunggu pengumuman yang astronomi lama, waktu liburnya iseng-iseng takbuat belajar fisika dikit-dikit..” Yeah, saya cuma bisa geleng-geleng kepala tidak cuma dengan si bocah tersebut melainkan dengan teman saya yang bisa memotivasi terus binaannya ini, tidak hanya berakhlak baik namun juga berprestasi, karena dulunya temen saya ini juga anak Olimpiade Fisika. Mantap jaya !🙂

Dan ketika giliran saya, “Silahkan antum akh Big, bisa cerita ngapain aja disana ? Terus rencana liburan disini gimana ?”

Toeeeng..connection lost, not responding……Hoho, dan saya hanya tersipu malu sambil menjawab, “Saya gak ngapa-ngapain mas disana, disini juga nganggur mas..”

Mantap jaya memang teman-teman saya disana, jadi malu sama sekali tidak ada perubahan berarti dengan diri saya. Padahal sudah 4/8 yak, iya kalo 8 semester..Weleh..weleh..

Tidak ada kata terlambat untuk berubah insya Allah. Ngerasa uda cukup sibuk? Nih rasain penutup yang saya kutip saat sesi tadabur pada liqo kemarin.

Katakanlah : ‘Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya ?’ ‘Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.’ ”

(QS Al Kahfi 103-104)

16 thoughts on “Surabaya Kota Pahlawan yang Gak Pernah Adem*

  1. Assalamualaikum..
    Bismillah, pertamax lg gak ya??😛

    Ooh pantesan jarang nongol, trnyta PJ acara-ny lg mudik toh, hehe..
    Jgn lupa oleh2 dr Sby ya kak.. ^_^

    Gilee tu anak, ud internasional astronomi, nasional fisika jg diembat, mantep benerrr, ckckck…

    Aaah sbnrny k’big jg bnyk prestasiny dan bnyk jg hal2 yg bs dibanggain, tapi emg dasarnya ud rendah hati dan tdk sombong jadi malu2 buat ngungkapinnya / membuka diri.. Ya kan? Ya kan??? Huff.. Dasar orang baik…

    Yakk, s7, ga ada kt terlambat slm kt mw mncoba b’usaha, sm ky wkt k’big nyeramahin sy bbrp mgu lalu,hehe..🙂

    Wassalamualaikum..

  2. @ ade :
    wa’alaykumussalam.
    InsyaAllah pertamax dah..emg kenapa sih pada doyan pertamax?enakan juga premium,murah..😛
    Iya de,anak sma 5 tuh,ga cuma 78 doang yang bisa begituan..hehe
    Sip dah,saya juga ga mau kalah !🙂

    @ deady :
    sampeyan iki merendah ded..
    Sopo sing ngerti sampeyan nang kono sambil nongkrong sambil buka bakul gorengan sing wis diekspor sampe Mesir ? Lak mantap jaya lah..😀
    Sampeyan yo wes iso golek duit dhewe,opo ga hebat ?
    Lek sampeyan mah wes wayahe kawin. Hehe.

    @ wawan:
    antum yo gak kalah sangar wan, cuma aku ga ngerti wae..
    Podo podo yo !🙂

  3. golek duwik teko endi?
    sing kawin iku yo takamini ae rek
    sing penting mbaringene iku
    hahahaha

    awakmu iki pancet ae
    sering” blogwalking kono lho big

  4. Counter bahasa aneh dengan bahasa yang lebih aneh!
    Surabaya punika benter sanget??Boten gadah priksa dhateng Cilacap?!?
    Kados pundi monumen Jalasveva Jayamahe? Kayaknya berdiri aja gak kepanasan tuh
    Welcome back The Fox City!

  5. yaampun kak big bilang ga ngapa-ngapain? kan jadi ketua dept. psdmo fuki, PJ acara PMB. itu yoi banget kali kak.

    yak bener banget, masih ada waktu untuk mengubah diri menjadi lebih baik🙂

    “Katakanlah : ‘Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya ?’ ‘Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.’ ”

    aaah akhirnya ketemu ayat itu. saya nyari nyari, lupa surah apa dan ayat berapa, tapi inget ayatnya. gini nih akibat belum hafal al-qur’an. huhu. thanks kak udah nulisin ayat itu di postingan😀

  6. Ketua Forkat itu “gak ngapain2” ya Big?
    Ketua Angkatan itu juga “gak ngapain2” ya Big?
    Dep. PSDMO FUKI dan Adkesma Bem UI jg “gak ngapain2” ya Big?

    Woalah baru tau saya😀 Big ga ngapa2in
    Klo gitu saya disebut apa donk?

  7. hem…hem…
    akhirnya ngerasain juga kamu mbah…!!!
    banyak sekali orang2 luarbiasa di luar sana. luar diri kita!
    itulah kenapa saya jadi melow sampe bikin ‘curhatku pada suatu ketika’.
    semua semua itu ‘menghujam-hujam’!! Gelegar kayak meteor.
    (lebay mode on)

    Hayo! saya juga ga mau kalah dari mantan patrner saya.hahaha^^
    mari berlari dan mengejar ketinggalan.
    damai.com

  8. @ deady :
    beneran dead, pas maen sering banget ada tulisan ‘blog tidak ditemukan’..

    @ asri nuraini :
    mbak asri ?!? helloow ?! Lagi sadar kan mbak. ???😀
    Fox city ? Wah, mbak namanya juga Surabaya, ya kotanya ikan Sura dan Buaya..
    Bukan kota serigala mbak..🙂

    @ ikhma :
    yap, itu juga kemaren pas banget banget kebetulan kebaca.
    Nampol banget kan ayatnya ? Mantap dah klo kagak tobat !🙂

    @ akatsuki :
    klo pun yang ente sebut itu bener, tetep aja masih kagak ada apa-apanya jar..belum lagi klo ditanyain pencapaiannya ngapain aja ?
    Uda deh, langsung diem..hehe

  9. Hellooow big???
    cadas!
    sekian kalinya ana counter komentar orang dan bikin mereka tak bisa berkata-kata lagi!
    Ane nulis : welcome back the Fox City

    hellow big… The FOX : De POKs big. ghyaa. selamat datnag di depok maksude
    ane gak nyambung2in surafish dan crocodile lho.. hihi

  10. seseorang itu bagaimana temannya, berarti kalau teman2nya big yang diceritain di atas mantab2, secara implikasi maka big = …………….🙂

  11. @ mbak asri :
    ouww !
    yeah, ternyata saya memang bukan korban yang pertama.
    terimakasih2..tapi sura dan buaya emang binatang yang paling mantap !😛

    @ topan :
    wah pan, ente jangan mentang2 gitu pan..
    Biarpun MD ane gak dapet A tapi masih bisa lah klo masalah Logika Matematika dasar begini.

    ni mah jawabannya, kagak bisa disimpulkan !
    karena untuk menggunakan metode silogisme (sok pinter dikit..:P ) butuh minimal 2 premis implikasi pan..

    tapi klo itu berarti doa, maka jawabannya AMIIIIEEN !😀

  12. mm.. big.. big..
    memang bener apa kata ade..
    tapi kita ga boleh merasa puas begitu aja dengan hasil yang dah kita dapat, karena kalo kita dah puas di satu tempat, akan jadi malas untuk maju ke tempat lain yang ternyata lebih baik kan?
    yang penting jangan ngeliat hanya sekedar ‘title’ nya aja.. tapi liat hasilnya..
    adanya kita disana, jadi ini itu, untuk orang lain bermanfaat ga?
    walaupun titlenya keliatan besar, tapi kalo ga bisa membawa manfaat ya sama aja boong.. apalagi kalo sampai bikin sakit hati orang lain.. naudzubillah..

  13. Subhanallah,, teman saya ini selalu rendah hati, tdk sombong & rajin menabung.. (yg terakhir kok gak nyambung ya? he3)

    Tapi akhi,, antum ne orangnya terlalu rendah hati,,
    Sebaiknya itu seimbang aja,, tawazun gitu deh..
    Jgn sombong, tp juga gak usah terlalu rendah hati..n_n

    Memang terkadang ato bahkan seringkali qt ngrasa apa yg qt lakukan belum maksimal dan kurang bermanfaat buat orang2 sekitar,,
    Qt kan tidak sesempurna Nabi Muhammad SAW,, jadi bersikap wajar aja, gak usah ngrasa kecewa dg apa yg udah qt lakukan..
    Tapi tentunya qt haruz bs mengevaluasi hal2 yg udah qt lakukan tsb agar kesalahan yg sama tdk akan terulang di kemudian hari,, dan juga sekaligus merancang strategi2 jitu utk mengoptimalkan aktivitas2 & amanah2 qt kedepannya..

    Stuju,?? ^-^

  14. @ fitri :
    wah, alhamdulillah…dapet taujih gratis dari ibu korwat syi’ar FUKI..
    Jazakallah Fit, betul banget..kita emang kagak boleh kenal yang namanya kondisi berpuas diri !😀

    @ sarah :
    ya betul sar, tapi terkadang..ya anti cuma kenal ane dari luar nya doang, kulitnya aja, klo tau dalem2nya, wah..pasti langsung berubah semua pikiran baik-baik tentang ane.
    tapi saya bener gak berkutik dengan kalimat2 terakhir selain cuma ngomong…
    SETUJUUU ! ^_^

Leave a Reply

