Hati-hati dengan Prasangka..


Capek cerita Saipul, cerita diri sendiri aja ya..

Kemarin, selesai saya ikut Kajian Belajar Bahasa Arab gratisan di masjid dekat rumah Fajar, saya pun bergegas pergi ke tempat parkir motor. Buat ngambil apa hayo ? Buat ngambil gentong. Ya nggak lah ! Ngambil motor atuh..😀

Seperti biasa pasti ada acara bayar duit parkir. Ngerogoh saku di jaket muncul uang dua puluh ribuan, sepuluh ribuan, ma lima ribuan. Pikir saya, kalau pake uang dua puluh, takut orangnya gak ada kembalian. Akhirnya entah kenapa akhirnya saya milih uang sepuluh ribu, kalau gak salah inget sih pengen mecah uang gitu buat beli makan abis itu.

Sesampai di depan Pak Parkir, saya ngasih uang sepuluh ribu itu. “Ada kembalinya gak Pak kira-kira ?”

Bapak itu diam saja, dengan tangan sedang sibuk ngerogoh saku-sakunya. Melihat beliau agak kesulitan, saya langsung mengambil uang limaribuan saya. “Yaudah Pak, ini saya ada lima ribuan biar lebih gampang..” Si Bapak pun dengan ekspresi yang sama menukar uang sepuluh ribuan tadi dengan lima ribuan saya.

Eh, iseng-iseng tangan masuk ke saku, ketemu uang seribu ternyata. Langsung aja tanpa banyak cincong saya kasih ke si Bapak. “Oh maaf pak, ternyata ada seribuannya.”

Tak disangka tak dinyana si Bapak langsung nyemprot saya. “Dasar lo, lo mau coba-coba pake uang gedhe supaya gak ada kembalinya gitu ? SUPAYA GRATIS GITU ?!?” Dengan nada cukup tinggi. Sayapun terdiam, kaget. Si Bapak lalu ngacir dengan ngomel-ngomel.

Astaghfirullah.. Saya berusaha nahan emosi sambil terus beristighfar. Saya pun berusaha merunut kembali setiap niatan saya, apakah benar tuduhan Bapak tadi. Jantung saya berdegup kencang, niatan itu memang sempat muncul sekelebat diawal namun saya yakin disaat terakhir saya yakin sama sekali tidak ada niatan itu. Ampuni hambamu ini ya Allah bila hati ini lancang akan kuasa-Mu..

Mungkin hikmah yang dapat diambil, ternyata dapat prasangka buruk itu gak enak. Banget. Saya gak bayangin artis-artis di tipi yang uda bukan cuma prasangka lagi, gosip, bahkan fitnah pun sudah banyak mereka jabanin. Entah bagaimana perasaan mereka. Mengerikan pasti.

Omong-omong prasangka buruk, saya jadi inget kondisi di UI sekarang yang sudah cukup gawat. Hubungan rektorat dan teman-teman lembaga sudah sangat tidak akur. Diluar semua yang dilakukan rektorat, saya masih sangat yakin bahwasanya Bapak Ibu kita disana bukanlah seperti Mischa, tokoh paling antagonis dalam sinetron Cinta Fitri –ups, ketauan !🙂 –  Terakhir ngelihat status Bu Kasiyah, dosen Fasilkom yang merangkap sebagai Mahalum UI di facebook.

“Fasilkom tempatku yang sesungguhnya, tunggulah aku akan kembali sepenuhnya. Aku rindu dengan sangka baik,ketulusan, sapaan mesra, dan segelas teh manis yang panasnya pas dan manisnya juga pas.(on Friday)

Lembut sekali perasaan beliau. Terharu. Saya yakin mereka sebenarnya punya itikad yang baik untuk mahasiswa, UI kedepan. Sering kali saya berfikir, kita di lembaga kemahasiswaan sering punya prasangka buruk walaupun juga memiliki tujuan yang sama baiknya.

Sangka baik, i’tikad baik. Andai itu dapat dilakukan semua orang di dunia ini, benar kata Pak Heru, dosen saya, pasti kejadian bom di JW Marriot atau Ritz Carlton tidak akan terjadi. Wallahu a’lam.

15 thoughts on “Hati-hati dengan Prasangka..

  1. Pertamax lagiii😀
    Wahahaaa akhrny pk nama sendiri..
    Waduuuh sbr ya kak, emg ga enak bgt dpt suudzhon dr org lain, baik yg diomongin ke kita maupun cuma dlm hati mrk.. Smg sama2 diampuni oleh-Nya..

  2. Keduax Gan!

    Wah Antm disembur ya pas ane dah duluan,
    Mungkin Satpamnya lagi cape dah dari pagi jaga blom istirahat.
    Ladang pahala kesabaran tuh bwt antm.

    Makanya jgn dateng telat, klo dateng lebih awal bisa parkir di rumah ane mungkin:-/

  3. @deddy, haha.. apa sih lu ded, emang satpamnya cewe apa…:D

    @big, yang sabar ya big, tobat big, tobat…haha.. emang niat orang tuh kan tersembunyi, kalo setiap orang bisa tau niat orng lain, gak seru dong..hehe..

    ehh…emang kenapa rektorat sama bem ui, emang segitu parahnya sampe bu kasiyah post di profilenya segala… just wondering!! ^^

  4. Oh, an jadi inget big
    Hal yang paling di rindukan, dan itu yang sy dapatkan di kompleks kos-kosan saya. Yaitu benar, senyum ramah dan prasangka baik(tentunya gak nganggap ane teroris😀, dan serunya anak kecil berteriak-teriak “”Orang gilaa.. orang gila… (dengan nada yang tidak pernah berubah dari waktu ke waktu). Dan pastinyaa?? di sini adalah kampung hujan sapaan sayang. Apa say?? Wah sayang, udah pulang? Laper ya say?? Ini uang kembaliannya say?? Wah senangnya, lebih dari nginep si ppsdms dah. Benar-benar luar biasa Gang Madrasah Pondok Cina! Hahaha…

  5. @ ade :
    betul2…ati2 dah ma begituan, penyakit..

    @ fajar :
    makanya jangan berangkat cepet2 jar..hehe

    @ deady :
    mungkin ded..
    berarti sekarang sampean lagi M ?!?:mrgreen:

    @ apid :
    i’tikad baik kali ya Pid..
    heran juga padahal ane kenal banget, anak2 BEM itu baek2, alim2..terus Bu Kasiyah ma Pak Kamar juga gak kalah baek..
    Kejem banget sih yang bikin orang2 baek ini berantem..

    @ asri :
    beneran tuh mbak, ngomongnya say..say..begitu ?!
    wah, horor juga ya, apalagi yang ngomong sesama akhwat.:mrgreen:
    andai semua orang bisa menyapa dan berprasangka sebaik itu ya, niscaya dunia ini makin indah..🙂

  6. salam kenal.

    iya, waktu itu gw emang tersinggung waktu elo belaga nyari duit kecil. apalagi awalnya 10rb, trus 5rb, trus jadi 1000. what the maksud?? gw punya kok kembalian bahkan kalo elo ngasihnya 50000, gw kembaliin 49000. hoho..

    seharusnya lo berprasangka baik dengan menganggap gw punya kembalian. hahahaha

    ~peace sobat, cuman mo ngerame2in aja

  7. Ya Allah,,
    fitri kaget bacanya big..
    kalo fitri yang ngalamin gimana ya? pasti shock n kaget banget mpe mau nangis (lebay)
    ya.. orang ada banyak tipenya big, tapi di balik persangkaan buruk yang bapak itu lakukan, saat itulah kita coba untuk berprasangka baik ke bapaknya..
    mungkin bapaknya lagi capek, lagi stres, lagi pusing, dll
    cari 1001 alasan untuk khusnudzon.. supaya kitanya juga ga ikut jadi sebel,,

  8. assalaamu’alaykum wa rohmatullaahi wa barokaatuh,
    wah ini bapak forkat angkatannya 2007 ya?
    salam kenal…

    tp tp tp
    saya baru tahu ternyata ada juga pria2 yg suka menonton cinta fitri:mrgreen:

  9. akhirnya berkunjung ke blognya big lagi setelah cukup lama (mungkin sebulan) gak berkunjung,,

    nt harus berprasangka baik kenapa ane baru berkunjung sekarang..🙂

Leave a Reply

