Semester 8 : 6 SKS Skripsi == Gabut?


Well, tidak terasa sudah dua mingguan tidak ngeblog lagi. Sibuk? Sepertinya tidak juga, seperti yang tertera dijudul semester ini saya ‘hanya’ mengambil 6 sks saja dan itu cuma skripsi ! Artinya tidak ada hari-hari bernama tugas lagi, tidak perlu deg-degan besok ada deadline atau kuis kuliah ini dan itu, tidak perlu begadang karena besoknya mau ujian. This is my lovely term !πŸ˜€

Ya, saya mau cerita kesibukan diantara ketidaksibukan saya aja ya dalam semester ini, beberapa yang menarik seperti ini.

1. Fuzzy Learning Vector Quantization – Particle Swarm Optimization

Bagaimana kira-kira sudah cukup jorok gak judulnya? Ya, perkenalkan kurang lebih itulah skripsi saya semester ini.πŸ™‚ Intinya saya diminta untuk melakukan proses optimisasi pendeteksian dan pengenalan sebuah mobil dalam riset Sistem Pengaturan Lampu Lalu Lintas Terdistribusi oleh salah seorang dosen saya dengan algoritma diatas.

Aneh? Gak umum? Jangankan teman-teman, saya aja yang uda baca dua minggu contoh algoritmanya masih gak mudeng-mudeng. Hmm, tapi saya sudah berjanji ini adalah ajang saya untuk men-challenge diri saya, menemukan hasrat riset saya yang selama ini terpendam, dan dalam TA inilah saya akan menemukan semangat akademis yang menggebu-gebu, untuk mewujudkan impian saya menjadi pemimpin yang memiliki kompetensi tinggi di bidangnya ! Yosh!πŸ™‚

Mohon do’anya rekan-rekan, karena biarpun ini satu-satunya kuliah saya, sudah dua pekan belum ada progres yang berarti..(tapi emang karena kebanyakan maennya sih.hehe)

2. Profesi Baru Saya : Tukang Ngecap !

Ya, dalam minggu-minggu ini saya dapat job isi-mengisi di berbagai forum. Dalam dua pekan ini saja, setidaknya yang teringat, ada tujuh agenda yang harus didatangi, yang paling parah akhir pekan ini. Jum’at jam 21.00-22.00 diminta teman-teman Sahabat Asrama UI mengisi di acara Grand Launching-nya, esok harinya jam 09.00 pagi diminta untuk mengisi workshop PKM di Fakultas Kesehatan Masyarakat. Belum selesai sampai situ jam 13.30 saya sudah ditunggu di SMA 54 Jatinegara untuk memberikan training motivasi kepada anak-anak 54, dan sepulang dari Jatinegara, baru bernapas sebentar tapi langsung ngambil motor dan pergi ke Ciawi, Bogor untuk menghadiri undangan mengisi taujih di Musyarawarah Kerja LD Fakultas FUKI Fasilkom UI di malam harinya. Total dalam kurun waktu 24 jam ada 4 agenda yang harus saya isi ! Dan pulangnya langsung, tepar..hehe.πŸ™‚

Tapi, satu hal yang saya syukuri, Allah selalu punya cara yang luar biasa untuk mengingatkan hamba-Nya..

Allah, ternyata hamba tak lebih hanya seorang makhluk yang masih Kau tutupi aib-aibnya yang sangat banyak ini..

Ampunilah ya Rabb, semua perkataan, semua lisan, yang belum terlaksana..

3. Belajar Masak bareng Anak-anak UISDP

Jadi ceritanya kelompok mentee saya di UISDP (UI Student Development Program)Β  mendapatkan tugas membuat sebuah social project untuk masyrakat di sekitar kita dengan membuatkan program yang produktif bagi mereka agar hidupnya bisa lebih layak. Kami memutuskan objek dari sospro kami adalah ibu-ibu yang biasa menjadi tukang sapu di UI. Tentang apa yang mau dibuat, akhirnya kami sepakat untuk membuat produk bernama SingKongKing, alias sebuah makanan yang terinspirasi combro, dimana dari singkong yang diparut terus diisi coklat, stroberi, dan seterusnya didalamnya, terus digoreng.

Tentu sebelum ditawarkan kita harus mencoba dong ide makanan ini. Berlalulah kami ke pasar berburu singkong, stroberi, coklat, dan kawan-kawan untuk membuat ‘combro’ jadi-jadian ini dan akhirnya kami putuskan untuk membuatnya di salah satu rumah anak-anak UI.

Ya, hidup memang tidak lancar-lancarnya saja dan faktanya kami merasakannya. Seperti yang diduga, produk pertama ‘combro’ kami tak ayal seperti hasil malpraktek koki yang tidak profesional. Jangankan rasa, bentuknya pun sama-sama tidak meyakinkan.πŸ™‚

Tapi, anyway, disini saya belajar satu hal penting, ternyata ketika sedang mencicipi makanan buat cewek, jangan buru-buru langsung minum, karena bisa langsung tersinggung berat yang buat..Wah, saya baru sadar dan jadi ga enakan. Ya, tapi gak papa, untung taunya sekarang, jadi nanti gak nyakitin hati si mbak nya..hehe. :p

 

Ya, kurang lebih itulah kegiatan saya yang kurang jelas dalam dua minggu ini. Ditambah menjadi salah satu koordinator di Lembaga Asisten Dosen Fasilkom UI, asisten riset, ketua angkatan 2007 yang akhir minggu ini ada proyek jalan-jalan angkatan, ‘sedikit’ bantu-bantu di teman-teman di dakwah kampus, mempersiapkan untuk kompetisi-kompetisi karya tulis, dan beberapa kegiatan printilan yang lain. Plus juga ada beberapa rencana seperti daftar di Rumah Qur’an biar segera tobat ke jalan yang benar, juga mencoba usaha-usaha untuk menambah ma’isyah. Bismillah, mohon do’anya..πŸ™‚

Yap, saya memang tidak sesibuk Jay, yang jadi mapres, enterpreneur, MWA..tapi teringat perkataan seseorang,

..bahwa seorang yang hebat bukanlah orang yang memiliki se-gambreng targetan dan amanah dalam hidupnya, tapi orang yang mampu menyelesaikan setiap targetan yang dia rencanakan !

Sama persis denganΒ  cara kerja prosesor, yakni dihitung dari tingginya tingkat throughput yang dihasilkan..alah..πŸ™‚

Yosh, tetap semangat, Big !πŸ˜€

 

15 thoughts on “Semester 8 : 6 SKS Skripsi == Gabut?

  1. Wah, sahabt asrama masuk. .so sweet. . .kak big udah netapin kak jay jd sprrng partnr yak? Dari dulu selalu bndingn diri ma beliau, ,tp kak big bkalan jd the best di sebgian pikiran orang, bgt pula kak jay. .

  2. @ rama, satria, kemal :
    yosh ! terimakasih saudara-saudara sekalian sebangsa dan setanah air !
    semoga dimudahkan juga ya kuliahnya juga nih..uda mulai menantang kan Fasilkom?πŸ™‚

    @ ardialhaidar :
    yee, si ardo..mau jajal do?πŸ˜€ Yap, semoga berkah dan mendapatkan ilmunya !

    @ zakky :
    yap, salam kenal zakky..anak asrama juga ya?
    hehe, jay mah uda jadi sparring partner sejak di asrama UI, terus di asrama PPSDMS, sampe sekarang satu kontrakan bareng juga..
    saya pikir penting untuk memiliki rekan seperjuangan, agar bisa terus saling berlomba-lomba dalam kebaikan, pun juga mengingatkan ketika kita dirundung kemalasan dan kelalaian..so, I recommend you to have it !πŸ™‚

  3. ..bahwa seorang yang hebat bukanlah orang yang memiliki se-gambreng targetan dan amanah dalam hidupnya, tapi orang yang mampu menyelesaikan setiap targetan yang dia rencanakan !

    nice quote kak. jadi cambuk buat diri saya. nampol kiri kanan. jazakallah

  4. Wah, di Ilmu Komputer UI ada mata kuliah pilihan yg mempelajari particle swarm optimization kah?
    Kalo di TI ITS ada, namanya metode heuristik (kebetulan tak ambil semester kemarin)..

    Subhanallah, macem2 metodenya, ada yg niru perilakunya semut, lebah, musik, dsb…

    SEMANGAT!!! Moga dimudahkan AllahπŸ™‚

  5. Fuzzy Learning Vector Quantization?
    kayanya gurih tuh, haha.

    rasanya saya tau tuh, siapa dosennya :p
    ~menemukan kata2 “gurih” itu ketika disuruh baca suatu paper oleh dosen tersebutπŸ˜‰

    well, seorang big gitu. keren dehπŸ˜€
    selamat menikmati semester ini ^^

  6. wah pake metode heuristik ya TA nya? hehe sama… aku malah hibrid Cross Entropy-Genetic Algorithm (temen2nya PSO)…kalo diliat-liat PSO termasuk enak ko algoritmanya, sederhana, dibanding algoritma ku diatas (rada mbulet)…tapi mo gimana lagi…pak dosen requestnya itu e…hehe

  7. Assalamualaikum Mas Big.
    Waah.. telat nih komennya…kalo liat tanggal dan bulan, harusnya sih something called “Fuzzy Learning Vector Quantization – Particle Swarm Optimization” ini udah mateng kan ya? hehe…
    Mesti berguru banyak2 ini sama mas big.πŸ˜€
    Sukses selalu buat semuanya yaa..
    Semoga semester ini berlalu dengan hasil yang terbaik, amiin.. (doa buat diri sendiri XD)
    SEMANGAT!!

  8. Big Zaman, S.Kom, buruan lah kau πŸ˜›
    *selalu ketawa ketawa baca blog nya, hhha,,πŸ˜€πŸ˜€

Leave a Reply

