Rully Mapres FEUI, Sosok Pemuda Berprestasi nan Shalih


“Big!! Rully mapres utama fe cuy!!!! MasyaAllah!! Allahu akbar!!”

Begitulah kurang lebih sms Jay kepada saya dua hari yang lalu mengenai kabar salah seorang sahabat kami, Rully Prassetya. Sekejap rasa bahagia pun meluap luar biasa. Ya, Rully, sahabat saya sejak di asrama, rekan satu pertemuan pekanan dari pertama kali dipertemukan di kampus perjuangan ini, akhirnya dia merebut gelar prestisius tersebut, Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ekonomi. Ya, Fakultas Ekonomi, fakultas yang beberapa tahun terakhir mapresnya sangat disegani karena segambreng CV dan prestasinya, bahkan dua tahun terakhir berhasil menyabet gelar mahasiswa berprestasi, tidak hanya di tingkat UI, namun juga di tingkat nasional !

Kemarin melihat seorang teman dari Fakultas Hukum mem-post sebuah tweet seperti ini,

“btw rully yang jadi juara mapres FE itu kan yang suka nongkrong di lobi FH pagi2 terus ngaji di situ kan?? mantap sekali”

“sama sekali ga nyangka gw orang yang selama ini suka ngaji di Lobi FHUI akhirnya jadi mapres utama FEUI 2011,,,”

Yap, dengan bangga saya persembahkan, that’s him, itulah Rully ! Seorang laki-laki berperawakan biasa, bahkan bisa dibilang kami memiliki porsi tubuh yang tidak jauh berbeda, beberapa kali masih belum bisa mencapai ambang batas threshold 50 kg.🙂 Alumnus SMAN 1 Padang Panjang ini memiliki pandangan yang visioner, karakter yang kuat, tatapan mata yang tajam. Akademis jangan ditanya karena hingga tahun terakhir ini dia insyaaAllah sudah aman terancam cumlaude. Organisasi? Dari ketua lembaga dakwah hingga jajaran petinggi syuronya pun dijabanin, lembaga eksternalnya juga tak kalah oke. Mengikuti lomba-lomba adalah kegemarannya, mulai lomba-lomba karya tulis biasa hingga lomba fahmil Qur’an (lomba cerdas cermat pemahaman tentang Al-Qur’an) pun dia sudah kantongi. Ya, jangan tanya hafalannya (karena saya juga gak tau pasti. hehe), tapi yang jelas tilawahnya tidak kurang dari satu kali khatam setiap pekannya.

Walaupun bukan anak PPSDMS, Rully salah satu orang paling tertata hidupnya yang pernah saya temui hingga saat ini. Bahkan dalam beberapa hal, dia jauh lebih unggul dibandingkan mereka. Tidak percaya? Coba saja main, ke kontrakannnya, bahkan semua mimpi dan cita-citanya dipampang jelas di ruang tamu ! yeah, that’s him..

Ya, Rully lah salah satu orang yang mengajarkan saya hidup efisien. Ketika ia melihat seorang teman sedang menggembok sepeda motornya dengan susah payah memakan waktu beberapa menit (karena kuncinya agak karatan), dengan santai dia berkata, “Kenapa ente gak beli baru aja? Waktu ente yang terbuang lebih mahal dibandingkan harga sebuah gembok baru.”

Baru-baru ini Rully mengajarkan saya arti sebuah prioritas. Kamis malam kemarin, seperti biasa kami ada pertemuan pekanan dari jam 20.30 hingga tengah malam. Dan menjelang akhir pertemuan tersebut, saya baru sadar kalau Rully besok ada presentasi karya tulis mapres! Ketika ditanya, dia mengaku belum membuat slide secuilpun dan belum sama sekali latihan presentasi. Dan itupun terjadi di pekan-pekan sebelumnya, ketika Jum’at paginya ia ada ujian mata kuliah yang paling sulit (the difficult one, kalo bahasanya Rully), atau pekan sebelumnya ketika dia Jum’at pagi-pagi sekali harus sudah di daerah Thamrin untuk tes dan interview beasiswa S2. Kalau saya di posisinya mungkin saya uda izin gak hadir kali..hehe.

Ya, Rully pula yang mengajarkan saya agar tidak bimbang dalam memilih. Suatu hari, ketika saya curhat kepadanya untuk menentukan jalan hidup saya paska kampus nanti. Dan lagi-lagi Rully hanya menjawab, Just WALK THE TALK, lakukan apa yang telah ente katakan ! Kalau keraguan itu muncul, mungkin suka gak baca ma’tsurat ya? Kan ada do’anya, ‘“Allahuma inni ‘audzubika minal hammi wal hazan, Allahuma inni audzubika minal ajzi wal kasal.. Wahai Allah aku berlindung kepada-Mu dari kegundahan dan kesedihan, dari rasa lemah dan kemalasan.. ’ Berdo’alah pada Allah. Sesimpel itu, Big.” Dengan senyumnya yang merekah..

“Just WALK THE TALK, lakukan apa yang telah ente katakan !

Berkah. Ya, tidak ada kata lain yang mampu mengungkapkan apa yang dicapai oleh Rully selama ini. Seorang muslim yang lengkap, aktivis organisasi, IPK terancam cumlaude, juara berbagai macam perlombaan, pernah student exchange di University of Utah di Amrik sana, hingga sekarang pun gelar mapres sudah ada  di tangan. Namun, dia tetap sama. Sosoknya tetap rendah hati dan tidak pernah berubah dari dulu pertama kali saya mengenalnya.

Memberantas korupsi dengan menjadi Ketua BPK adalah cita-citanya, yang sudah dideklarasikannya jauh-jauh hari sejak ia memilih jurusan Akuntasi FE UI. Ya, itulah Rully Prassetya. Sangat bersyukur pernah mengenalmu, do’aku menyertaimu Ly..dan tetaplah menginspirasi.🙂

*jangan bilang-bilang Rully ya kalo saya nulis tentang dia, ntar bisa marah besar dia.😀

*foto diambil dari sini

30 thoughts on “Rully Mapres FEUI, Sosok Pemuda Berprestasi nan Shalih

  1. subhanallah walhamdulillah, mantap Kak Rully!
    ya, ya, betul sangat: tertata rapi dan lurus..

    Big, izin share ya..

  2. Huaaa, like this banget sama postingan kali ini. Kalau di kalangan isni kata2nya begini dong kak :
    “Ehh, rully si kakak tukang donat itu kan yang jadi mapres? Gila-gilaa udah ga ngerti lagi gw sama itu orang, gw itu selalu mempertanyakan knpa dia istiqomah banget jualan donat padahal dianya berkecukupan, udah ga ngerti lagi gw.” >> Indikasi ke-speechless-an kami.

    Kak Rully salah satu tokoh idola isni di kampus haha, sampe2 kalau setiap kak Rully lewat di depan kita kan langsung isni ceritakan kebaikan2nya, sampe2 teman2 isni bilang gini (salah satunya) :
    “Perasaan ini udah kesepuluh kalinya deh lo ceritain ke gw kalau playlistnya kak Rully isinya ayat Al-Quran” hahaha, dodol :p

    Emang hebat banget kak Rully ituuu, subhanallah.😀 Ekhm, bahkan mapres UI pun udah di tangan lah ya hehehe, Go Go FEUI, FEUI goes marching in, FEUI mapres lagiiii🙂
    BerSEMANGAT PENUH!!

  3. full of nyengir baca komennya Isni..😀
    semangat deh FE! mudah2an hattrick buat jadi Mapres UI, dan Mapres Nasional..

  4. Bener bgt jay, rully emg org yg patut ditauladani, Amatsangat humble dan ramah, Lurus dalam berfikir, kuat dalam melangkah. Sosok baru mapres FEUI, Prestatif, Humanis dan shalih. Luar biasa.

  5. Subhanallah.. Walaupun saya emg gak kenal orangnya, tapi denger2 dari sana-sini ternyata emg mantep bener ya ini orangnya, hehe..😀 Dunia-akhirat di tangan. Kereeen, smoga sukses slalu untuk kak Rully, dan semoga slalu bisa menginspirasi banyak orang🙂

  6. alhamdulillah….abg rully prasetya…….
    bisa menjadi tauladan bagi qt smua…..
    tidak hanya,teman-teman abg yg sangat bangga
    atas prestasi abg,keluarga besar abg di sini,juga sangat bangga akan
    saudara ini….subhanallah…..hambamu ini sangat bersyukur mempunyai saudara yg
    sangat shalih,pintar…..n alhamdulillah smua orang menyukainya…
    alhamdulillah ya rob……..

  7. Alhamdulillah..makin banyak do’a buat Rully..🙂
    Terimakasih dan semoga kita bisa mulai meniru hal terkecil yang bisa kita lakukan.😉

  8. Subhanallah.. bisa hattrick ni FE…

    Nggapapa deh, ikhlas gw. Ehm, kapan-kapan ngeceng ke FE ah… :hammer:

  9. Assalaamu’alaykum Dek Big…(hehe, ke-PD-an nyebut dek)….

    Salam kenal yaah….
    waah. seneng banget baca tulisannya kamu….ngocol tapi bermutu..hehehe….
    boleh di link kan blognya?
    boleeeeh…#jawabsendiri#

    ah, iyaa..barokallaahu buat Rully yah….^^
    Rully itu adek kelasku di SMP dan di SMA..hehe
    sekalian deh, ijin copas tulisan ini…
    boleh….boleh….??

    aah, iya..sekalian deh, ijin mention kamu di tulisanku..hihi (sokkenalbangetsaya!)
    inspiratif pisaaan..^^

  10. Just WALK THE TALK, lakukan apa yang telah ente katakan !
    *suka banget sama quote yg ini =D
    **setelah Tere~Liye and E.S. Ito, muncul lagi sosok keren di FE-UI, barakallah atas inspirasi kalian ^_^

  11. Subhanallah… bisa menjadi panutan kita semua. dan terbukti bahwa ilmu tidak juga harus di dampingi dengan berdoa. jadi usaha dan doa seimbang. sukses selalu.

  12. subhanallah…..sungguh benar benar amat luar biasa menginspirasi kak Rully. smga kami bisa sepertimu kak..amiin

  13. subhanallah..
    tulisannya hebat, sangat menginspirasi,
    —————————————————

    ya Allah bagaimana caranya agar aku bisa seperti beliau, Rully Prassetya, atau bahkan melampauinya??
    ya Allah tunjukkan jalan itu..

    dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang,
    mulai saat ini, perlahan dan bertahap aku mengikuti jejakmu Kak Rully,
    mudah-mudahan Engkau meridhoi langkahku ya Allah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s