Setidaknya Rasa Takut Itu (Sedang) Kutaklukkan!


Dear teman-teman, perkenalkan ini dua orang sensei saya,

The old one, ya, beliau adalah Prof. Toshio Fukuda Sensei, adalah profesor dari Pak Wisnu Jatmiko, pembimbing tugas akhir saya sekaligus manajer riset Fasilkom yang hingga sekarang saya menjadi asisten beliau. Bertemu dengan Fukuda sensei adalah salah satu mimpi saya, dapat melihat orang yang membentuk karakter seorang Pak Wisnu yang keras terhadap dirinya dan punya integritas tinggi.

Dan, hari Ahad kemarin, saya berkesempatan bertemu beliau di momen International Conference on Advanced Computer Science and Information System (ICACSIS) 2011 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, sebuah konferensi internasional yang diadakan Fasilkom UI yang mendatangkan banyak periset tingkat nasional dan internasional. Kebetulan paper saya juga lolos dan presentasi juga disana (bahasa Inggris lho, gak penting.hehe)😀

Bagian yang ingin saya ceritakan adalah di sesi terakhir sebelum konferensi, Fukuda sensei diberi kehormatan untuk memberikan plennary speech. Selama beliau melakukan speech, tak henti-hentinya saya terkagum dengan makhluk yang satu ini, betapa gilanya dia bereksplorasi dengan dunia robotik yang digelutinya. Saya begitu penasaran, robot macam apa yang ada di imajinasi tergila beliau..

Tiba-tiba, saya berpikir, “Saya harus bertanya!” 

Namun, jantung saya berdegup keras,

Kamu kan gak bisa bahasa inggris, gak usah dah daripada malu-maluin..

Yang duduk disini doktor-doktor dan profesor semua, diketawain lho ntar kalo pertanyaannya kalo ‘ndeso’ gitu..

Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya, yang berusaha untuk mengarahkan saya untuk duduk kembali.

***

Sesi pertanyaan mulai dibuka. Satu penanya telah terjawab, tidak ada lagi..Pak Wisnu yang saat itu menjadi moderator hampir menutup diskusi, namun kemudian tangan saya pun terangkat!

Gawat..gawat..apa yang lo lakuin Big..matilah diketawain orang se-conference..

Kalimat ini terus bergema sembari langkah gontai saya berjalan menuju mikrofon yang ada ditengah..

***

Audzubillahi minasysyaithanirrajim..bismillah!

Good evening Prof. Fukuda Sensei!

“My name is Big Zaman, i am one of Wisnu Sensei student. Its my pleasure to be here and meet you that ini Naruto serial, you’re our real Hokage!” 

Beberapa terdengar gelak tawa dari penonton, tapi tanpa peduli, lalu saya lanjutkan.

“Thank you for your sharing, i just want to ask a simple question. You have shown us a lot of robot that you and team have developed in Nagoya, so,

What is your craziest dream with robot? Your craziest imagination robot that you want to see in the future?”

Ya, gugup campur malu membuat di akhir kalimat lidah saya mulai kelu dan terbata-bata. Dan akhirnya selesai! Saya kembali ke tempat duduk, beberapa penonton bertepuk tangan. Fiuuuh, selesai!😀

Fukuda pun menjawab dengan ketawa, tidak terlalu jelas apa yang dia katakan, aksen Jepangnya yang cepat dan belibet, membuat saya bingung memahami apa yang dia katakan, tapi karena dia ketawa-ketawa, jadi saya ketawa-ketawa juga.😀

Sebenarnya, ada satu buah kalimat lagi yang belum terucap, yang justru sebenarnya ini kalimat terpenting dari pertanyaan yang ingin saya tanyakan.

“Thank you very much sensei and one of my dream..I hope I can see you again in Nagoya University as my professor too!”

Haha, sayang gagal total! Gara-gara saya panik dan gugup gak karuan..🙂

Ya, tapi setidaknya aku telah mencoba mengalahkan rasa takutku, sebuah langkah awal yang harus ku taklukkan sebelum ku taklukkan hal yang lebih besar.😉

I’m coming Japan, insha Allah.😀

13 thoughts on “Setidaknya Rasa Takut Itu (Sedang) Kutaklukkan!

  1. @afina: hehe, maka kalahkanlah fin!🙂

    @fanani: hoho, sayangnya gak ada fan, biarlah Allah dan orang-orang yang hadir disana aja yang tau.😉

    @greebneesangtae: yo, sama2 dek! saling mendoakan..🙂

  2. yaah ga sempet nonton sesi presentasinya kak big >,< baru dateng ke sana minggu menjelang siang.
    selamat ya kak, pasti lega tuh rasanya, hohoo.. ^^
    smoga sampe juga mimpinya kak big ke Jepang😀 *trus doain saya jg ke U.S ya kak #loh xD

  3. @Ade :
    alhamdulillah, untungnya gak nonton.😀
    yap, saling mendoakan ya ade.🙂

    @Rama :
    (y) juga *padahal gak ngerti maksudnya apa :p

    @Puti:
    Oiya, puti sekarang uda tinggal di Singapore ya?
    Wah, mantap! Nanti kalo saya ke Jepang, istrinya mau dibawa kesana gak ya? hehe *getok kepala, berkhayal yang belebihan😀
    Aamiin dan segeralah menimang si kecil, Puti.🙂

  4. salam kenal kak big zaman.
    aku salah satu dari seribu orang bukittinggi yg beruntung bisa ketemu sama kak big sebelum insyaAllah menjadi mahasiswa UI juga. amin.
    saya salut bgt sama kak big.
    saya ingat sekali kata-kata ini.. semua yg ada dihadapan kita adalah tantangan yang yang harus ditaklukan. dan kalau kita tidak memulainya,walaupun dengan awal yg agak sedikit nekad, kita tidak akan masuk ke medan pertempuran dan tentunya tidak akan pernah juga merasakan nikmatnya kemenangan. #seperti kehabisan formulir masuk UI.hehe
    wassalam.

Leave a Reply

