Membangun Kebiasaan Baik


Satu pekan yang lalu saya diminta mengisi sebuah kajian di UI dengan tema “Membangun Kebiasaan Baik”. Temanya nggak nyantai banget, wong yang diminta ngomong ini juga masih berjibaku membangun kebiasaan baik :))

Singkat cerita sudah beres lah nyampein materinya. Sampai kemudian 1-2 hari kemudian, ada yang japri WA. Terus nanya pertanyaan yang…udah berat, panjang kayak kereta lagi πŸ˜€

Bismillaah, akhirnya saya jawab begini.

Sbnrnya byk referensi aktivitas 24 jam Rasulullah SAW..salah satunya ini https://www.google.com/amp/s/tricahyo8689.wordpress.com/2013/09/15/24-jam-bersama-rasulullah/amp/

Yg jelas, ga apple to apple membandingkan aktivitas kita dg Rasulullah yg tdk hanya diisi ibadah dan aktivitas manusia pd umumnya, tp jg berdakwah, berperang, dsb.

Prinsip pentingnya mnrt sy dr apa2 yg sy sudah pelajari:

1. Miliki orientasi bahwa semua yg kita lakukan hanya utk mendapatkan ridho Allah. Inna sholaati wa nusuuki, wa mahyaya wa mamaati lillahi robbil ‘aalamiin. Ibadah tdk hanya sholat dan tilawah, bekerja pun bs bernilai ibadah, PJJ, mengerjakan tugas pun sgt bs bernilai ibadah. Mindset Allah ada tujuan hrs dpt masuk dlm ruang kesadaran berfikir kita setiap saat.

2. Mulai berfikir dan menjalani kehidupan dg pertanyaan, apa yg hrs sy lakukan utk mendapatkan ridho Allah? Allah ridho sy jd orang kyk gimana ya? Antara dua pilihan A dan B, mana pilihan yg plg Allah ridho? Susun target hidup jangka panjang, menengah hingga harian apa yg mau kita capai. Dg memiliki planning ini, kita jd tau apa yg hrs kita kejar setiap hari, utk mendapatkan ridho Allah.

3. Eksperimen utk menjalankan poin ke 2 setiap hari, gmn biar efektif dan optimal. Setiap orang polanya beda2, motivasi nya beda2..jd terus cari style self management kita.

Prinsip nya :

1) Rencanakan

2) Jalankan

3) Evaluasi (klo sdh bagus alhamdulilaah, klo blm bagus identifikasi apa yg salah. Apakah pas bgt lg sibuk aja, jd ada waktu utk tilawah misalnya..atau mmg targetnya msh ketinggian)

4) Adjustment sesuai hasil evaluasi. Balik lg ke no 1

Udaah, gitu aja kok hidup πŸ˜ƒ

Allah cuma minta kita utk berusaha sesuai dg apa yg kita bs. Fattaqulloha mastatho’tum..Yg penting terus istiqomah begitu, sampai nanti kita wafat. 😊

Klo msh mahasiswa insyaa Allah msh byk waktu2 yg bs disiasati, blm punya kerjaan yg hrs lembur2 atau anak yg nggelandotin tiap hari kan? Hehe..insyaa Allah bs, tgl srg2 eksperimen aja.

Semangaat ya, semoga Allah mudahkan..mhn doanya buat sy jg agar bs istiqomah menjalankan apa yg sy sampaikan ini dan kmrn2.. πŸ˜ƒ

Lagi-lagi, saya merasa gak berkapasitas untuk menjawab hal ini. Tapi…kalau mungkin ini ‘sentilan’ Allah buat saya yang masih harus banyaaak berbenah diri. Kalau dengerin nasehat orang udah “kebal” kupingnya, tapi kalau dengerin nasehat yang keluar dari mulut sendiri jadi lebih daleem..karena setiap apa yang kita omongin, pasti dipikirin dulu,

“Apa iya sudah udah ngelakuin itu? OMDO mah ente, Big…”

Doain saya ya. Saya doain juga yang baca tulisan ini. Semoga kita semua bisa istiqomah menjadi hamba Allah yang lebih baik setiap hari..

Leave a comment